Share/Save/Bookmark
SELAMAT DATANG SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANADA

Jumat, 07 Mei 2010

SHALAT ISTIKHARAH

صَلاَة الاستخارة
إذا هممت بأمر فاركع ركعتين من غير الفريضة ثم قل (اللهم إني أستخيرك بعلمك و أستقدرك بقدرتك وأسألك من فضلك العظيم فإنك تقدر ولا أقدر وتعلم ولا أعلم وأنت علام الغيوب اللهم إن كنت تعلم أن هذا الأمر خير لي في ديني و دنياي و معاشي وعاقبت أمري (أو عاجل أمري و آجله) فاقدره لي و يسره لي ثم بارك لي فيه و إن كنت تعلم أن هذا الأمر شر لي في ديني ودنيايا ومعاشي وعاقبة أمري (أو عاجل أمري وآجله) فاصرفه عني واصرفني عنه واقدرلي الخير حيث كان ثم رضني به) وتسمى حاجتك
Shalat Istikharah
Jika engkau akan mengambil ketegasan sesuatu yang penting, kerjakanlah shalat dua rakaat di luar shalat wajib dan bacalah :
Allaahumma inni astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa asaluka min fadllikal ‘adhiim, fainnaka taqdiru walaa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul ghuyuub. Allaahumma in kunta ta’alu anna haadzal amra khairun lii fii diinii wa dunyaayaa wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii (au ‘aajili amri wa aajilihi) faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baariklii fiihi. Wa in kunta ta’lamuanna haadzal amra syarrun lii fii diinii wa dunyaayaa wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii (au ‘aajili amri wa aajilihi) fashrifhu ‘anni washrifnii ‘anhu waqdur lii al khaira haitsu kaana tsumma radldlini bihi (lalu menyebutkan kepentinganmu)
Arti doa :
Yaa Allah aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku emohon kemampuan kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu, dan aku memohon kepada-Mu keutamaan-Mu yang agung. Sesungguhya Engkau Maha Kuasa sementara aku tidaklah kuasa. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui sementara aku tidaklah mengetahui, karena Engkau mengetahui hal – hal yang ghaib.
Yaa Allah, bila Engkau mengetahui perkara ini ( diebutkan apa yang menjadi persoalannya ) lebih baik dalam agamaku, hidupku, dan akhir urusanku [dalam jangka pendek atapun panjang] maka taqdirkanlah hal itu bagiku dan mudahkanlah aku untuk mendapatkannya, kemudian berkatilah aku dalam hal tersebut. Dan jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini tidak baik bagiku, agamaku, hidupku dan akhir urusanku kelak, [dalam jangka pendek ataupun panjang] maka jauhkanlah perkara itu dariku dan hindarkanlah diriku darinya, lalu taqdirkanlah yang baik bagiku bagaimanapun adanya, kemudian buatlah aku ridha dengannya.
Readmore »»
SHALAT ISTIKHARAH

DOA MASUK DAN KELUAR WC

Do’a Masuk Dan Keluar WC
Do’a masuk kamar mandi
(بسم الله) اللهم إني أعوذبك من الخث و الخبائث
“Allaahumma innii a’uudzubika minal khubutsi wal khabaaits”
“(Dengan Nama Allah) Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung padaMu dari syetan laki – laki dan syetan perempuan”
Dikeluarkan oleh Al Bhukhari I/45 dan Muslim I/283. Tambahan Bismillah dikeluarkan oleh Said Bin Manshur. Lihat Fathul Bari I/244
Do’a keluar WC
غفرانك
“Ghufraanak”
“Ya Allah, Ampunilah diriku”
Diriwiyatkan oleh Ash-Haabu Sunan kecusli An-Nasa’I. Namun beliau mengluarkan itu juga dalam Amalul Yaum Wal Lailah lihat Tahrij Zaadil Ma’aad II/387
Readmore »»
DOA MASUK DAN KELUAR WC

Rabu, 14 April 2010

SABAR

SABAR

Sabar adalah menahan jiwa (nafsu) untuk tetap berada di atas ketaatan kepada Allah, menahannya dari bermaksiat pada-Nya, dan menahan diri dari keluh kesah terhadap taqdir Allah, sehingga ia menahan jiwanya dari perasaan marah, jengkel dan bosan. Senatiasa dalam keadaan semangat,berdakwah, menyeru manusia untuk masuk kedalam agama Allah, meskipun ia disakiti. Karena mengganggu para da’i yang meneru pada kebaikan sudah menjadi watak dan tabiat setiap orang kecuali orang yang diberi petunjk oleh Allah. Allah berfirman pada Nabi-Nya:

34. Dan Sesungguhnya telah didustakan (pula) Rasul-rasul sebelum kamu, akan tetapi mereka sabar terhadap pendustaan dan penganiayaan (yang dilakukan) terhadap mereka, sampai datang pertolongan Allah kepada mereka. tak ada seorangpun yang dapat merobah kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. dan Sesungguhnya telah datang kepadamu sebahagian dari berita Rasul-rasul itu.

Semakin kut gangguan, semakin dekat pertolonagan. Pertolongan itu tidak khusus tatkala seseorang masih hidup dan melihat jerih payah dari dakwahnya saja, akan tetapi pertolongan itu datang tatkala ia sudah meninggal, yakni dengan caraa Allah menjadikan hati manusia tunduk ma menerima apa yang ia dakwahkan, mau mengambil dan berpegang denganya. Hal seperti itu termasuk pertolongan bagiiny meskipun ia telah mati. Maka dari itu,sudah selayaknya bagi para da’I bersabarmenhadapi rintangan – rintangan yang menghalangi dakwahnya, sabar menghadapi gangguan gangguan yang menyakitinya. Inilah para Rasul disakiti oleh kaumnya dengan perkataan dan perbuatan. Allah berfirman:

52. Demikianlah tidak seorang Rasulpun yang datang kepada orang-orang yang sebelum mereka, melainkan mereka mengatakan: "Dia adalah seorang tukang sihir atau seorang gila."(Adz Dzariyat :52)

Dan Allah berfirman :

31. Dan seperti itulah, telah Kami adakan bagi tiap-tiap Nabi, musuh dari orang-orang yang berdosa. dan cukuplah Tuhanmu menjadi pemberi petunjuk dan penolong. (Al Furqan :31)

Akan tetapi sudah selayaknya bagi seorang da’I untuk bersabar menerima gangguan tersebut. Dan perhatikanlah Firman Allah pada Rasul-Nya berikut ini :

23. Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Quran kepadamu (hai Muhammad) dengan berangsur-angsur. ( Al Insan : 23)
Orang yang memperhatikan ayat tersebut ia akan menerka bahwa kelanjutan ayat tersebut adalah : ( Maka bersyukurlah atas nikmat Rabbmu ), namun (lihatlah) ternyata Allah berfirman melanjutkan ayat tersebut dengan :

24. Maka bersabarlah kamu untuk (melaksanakan) ketetapan Tuhanmu, dan janganlah kamu ikuti orang yang berdosa dan orang yang kafir di antar mereka. (Al Insan :24)

Hal ini terkandung di dalamnya bahwa setiap orang yang bangkit, berdakwah dengan Al- Qur’an mau tidak mau akan menerima dan menghadapi segala sesuatu yang membutuhkan kesabaran. Lihatlah! Keadaan Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam ketika dilempari oleh kaumnya sampai berdarah dari wajahnya seraya berdoa :
اللهم اغفر لقومي فإنهم لا يعلمون
“Ya Allah ampunilah kaumku, karena sesungguhnya mereka tidak mengetahui”. ( H.R. Bhukhari )

Maka sudah selayaknya para da’I untuk senantiasa bersabar dan mengharap pahala dari Allah.
Sabar dibagi menjadi tiga:
1. Sabar diatas ketaatan pada Allah.
2. Sabar dalam menjauhi hal – hal yang diharamkan oleh Allah.
3. Sabar ketika menerima taqdir Allah yang menyakitkan, baik yang Allah timpakan langsung kepadanya ataupun yang Allah timpakan padanya melalui tangan – tangan sebagian hamba-Nya yang berupa gangguan dan permusuhan.


Dari Terjemah Syarah Tiga Landasan Utama Syeikh Utsaimin
Readmore »» SABAR

Sabtu, 10 April 2010

BEBERAPA KAIDAH USHUL FIQH

مختصر مباحث في أصول الفقه من الكتا مبادئ أولية
الأول : في الأمر
وهو طلب الفعل من الأعلى إلى الأدنى
• الأصل في الأمر للوجوب إلا ما دل الدليل على خلافه
• الأصل في الأمر لا يقتضي التكرار إلا ما دل الدليل على خلافه
• الأصل في الأمر لا يقتضي الفور، لأن الغرض منه إيجاد الفعل من غير اختصاص بالزمان الأول دون الزمان الثاني
• الأمر بالشيء أمر بوسائله
• الأمر بالشيء نهي عن ضده
• إذا فعل المأمور به على وجهه يخرج المأمور عن عهدة الأمر
الثاني : في النهي
وهو طلب الترك من الأعلى إلى الأدنى
• الأصل في النهي للتحريم إلا ما دل الدليل على خلافه
• الأصل في النهي يدل على فساد المنهي عنه في العبادات
• النهي عن الشيء أمر بضده
• النهي يدل على فساد المنهي عنه في المعاملات إن رجع النهي إلى نفس العقد
و إن رجع أمر خارج عن العقد غير لازم فلا
الثالث : في العام
• و هو ما عم شيئين فصاعدا من غير حصر
• الاسم الوحد المعرف باللام
• واسم الجمع المعرف باللام
• و لا في النكرات
• والأسماء المبهم، كمن في من يعقل
و ما في ما لا يعقل
و أي
و أين في المكان
و متى في الزمان
الخ................................














القسم الثاني في القواعد الفقهيه من الكتا مبادئ أولية
1. الأمور بمقاصدها
2. ما يشترط فيه التعيين فالخطأ فيه مبطل
3. ما يشترط التعرض له جملة ولا يشترط تعيينه تفصيلا إذا عينه و أخطأ ضر
4. ما لا يشترط التعرض له جملة ولا تفصيلا إذا عينه و أخطأ لم يضر
5. مقاصد اللفظ على نية اللافظ
6. اليقين لا يزال بالشك، إن ما ثبت بيقين لا يرتفع إلا بيقين
7. الأصل بقاء ما كان على ما كان
8. الأصل براءة الذمة
9. الأصل العدم
10. الأصل في كل حادث تقديره بأقرب زمانه
11. المشقة تجلب التيسير، الأشاء اذا ضاقت اتسعت
12. الأشياء إذا اتسعت ضاقت، كل ما تجوز حده انعكس إلى ضده
13. الضرر يزال
14. الضرر لا يزال بالضرر
15. الضرورات تبيح المحظورات، لا حرام مع الضرورة ولا كراهة مع الحاجه
16. ما أبيح للضرورة يقدر بقدارها
ألخ................................ز
Readmore »» BEBERAPA KAIDAH USHUL FIQH

SECERCA HIKMAH

فلو ترك الناس وشأنهم في مناحي العيش- يستبد كل برأيه، ويتبع شهوته مع ما عرفنا عن تباين الميول، واختلاف النزعات، ولم توضع النظم التي تميز الخبيث من الطيب، و توقف رغبانهم عند حد من الصواب، وتنظم العلاقة فيما بينهم، وتوجههم إلى ناحية الخير لصالح المجموع- لتعارضت هذه الميول، وتشعبت عليهم سبل العمل وعمت عليهم وجهة فتكون حياة الفرد – والحالة على مل وصفنا من التقاطع – حياة بهيمية مضطربة ناقصة، لا هناءة فيها ، ولا غاية لها ، وتكون حياة الجماعة حياة الشييطانية متمردة يموت فيها الحق ، وينهض الباطل ، وتكون الأنانية مقام المساواة ، فلا عدل إلا ما كان وسيلة إلى نفع ذاتي ، ولا خير إلا فيها وافق الهوى، ولا حساب لشيء بعد هذا ، قصر الزمن على ذالك أو طال.
من كتاب التاريخ التشريع الإسلامي
Readmore »» SECERCA HIKMAH

About Me

Sulistyo
kulon Progo, DIY, Indonesia
Bismillah. saya adalah seorang tholabah di sebuah lembaga Dakwah di Indonesia,,,, berusaha untuk mencari ilmu yang diridhoi dan mencoba untuk menghilangkan common sense,,,, Mari belajar.
Lihat profil lengkapku

TRANSLETE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


this widget

TSN Al-JAWI

comment

Followers

 

Copyright © 2009 by TSN Al-JAWI